Sabtu, 27 Mei 2017

Gaji Masinis dan Asisten Masinis PT.Kereta Api Indonesia (Persero)



Gaji Masinis Berapa sih ?
 
Pekerjaan sebagai masinis adalah pekerjaan yang kurang popular dibandingkan dengan menjadi guru, polisi, perawat, tentara, dll. Namun bukan berarti pekerjaan sebagai masinis kurang diminati oleh orang-orang. Semakin berkembang dan berjayanya PT.Kereta Api Indonesia (Persero) akhir-akhir ini membuat banyak lulusan-lulusan SMA/SMK, Diploma, dan Sarjana berbondong-bondong mencoba peruntungannya dalam seleksi penerimaan pegawai PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Setiap tahunnya ada ribuan pelamar yang mendaftar seleksi penerimaan pegawai, walau mungkin tidak sampai sekitar 5% nya saja yang diterima.
 
Adapun untuk masinis, gaji perbulannya sebenarnya sama saja dengan pegawai lain. Yang membedakan adalah dari diberikannya Tunjangan Resiko Khusus  Masinis. Tidak semua pegawai PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki Tunjangan Resiko. Ambil contoh untuk besaran Tunjangan Resiko crew KA di Divre 4 IV Tanjung Karang misalnya, untuk saat ini besaran Tunjangan Resiko Khusus Masinis adalah sekitar 2,2 juta rupiah. Sedangkan untuk Asisten Masinis, Tunjangan Resikonya ada di kisaran 1,5 juta rupiah.

Selain gaji pokok dan tunjangan yang diterima tiap bulan, masinis dan asisten masinis memiliki sumber penghasilan lain berupa Uang Jalan. Uang jalan ini adalah uang yang dibayarkan setelah masinis/asisten masinis menjalankan dinasan. Tiap dinasan besaran uang jalannya berbeda-beda. Misalkan di Divre IV Tanjung Karang, Lampung, ada dinasan Kereta Api Batubara Rangkaian Panjang (Babaranjang) relasi Baturaja-Ketapang (PP) yang jarak tempuhnya 115 kilometer tentu berbeda besar uang jalannya dengan Babaranjang relasi Baturaja-Tanjung Enim baru (PP) yang jarak tempuhnya 181 kilometer.  Begitupun jika dibandingkan besaran uang jalan antara kereta Babaranjang dengan Kereta Api Penumpang, Dinas Rangsir atau Dinas Sedia/Serep, pasti berbeda besarannya.

Besaran gaji masinis atau pada umumnya pegawai PT.Kereta Api Indonesia (Persero) juga dipengaruhi oleh golongan, yah kurang lebih sama dengan Pegawai Negeri Sipil gitu lah guys. Golongan ini ditentukan oleh Ijazah yang diakui perusahaan dan masa kerja pegawai itu sendiri. Untuk pegawai yang merupakan lulusan SMA/SMK sederajat maka saat diangkat jadi pegawai akan berstatus pegawai golongan IIa, dan tiap pegawai akan mengalami kenaikan golongan  setiap 4 (empat) tahun sekali. Jadi untuk lulusan SMA/SMK sederajat membutuhkan waktu 16 (enam belas) tahun untuk menjadi pegawai golongan IIIa.

Berapa Gaji Masinis dan Asisten Masinis ?
Besaran gaji masinis/asisten masinis berbeda-beda tiap wilayah Daop/Divre, pun begitu dengan besaran Uang Jalan juga berbeda-beda. Di Divre IV Tanjung Karang misalnya, masinis senior yang sudah golongan IIIa dan memunyai istri serta dua anak bisa mendapatkan gaji sekitar 9,0 juta rupiah. Sedangkan untuk asisten masinis golongan IIa dan masih bujang/belum menikah bisa diganjar gaji sekitar 4,8 juta rupiah. Untuk besaran uang jalan masinis dan asisten masinis biasanya berada dikisaran 2-4 juta perbulannya.

Contoh slip gaji Asisten Masinis Golongan II/B Divre IV Tanjung Karang dengan status menikah dan memiliki satu orang anak.


 Contoh slip gaji Masinis Golongan II/B Divre IV Tanjung Karang dengan status menikah dan memiliki dua orang anak.

Penghasilan Masinis dan Asisten Masinis
Dari perhitungan di atas, setelah ditotal antara besarnya gaji bulanan dan uang jalan yang diterima, masinis golongan IIIa di Divre IV Tanjung Karang memiliki penghasilan sekitar 11-13 juta perbulannya, sedangkan untuk  asisten masinis golongan IIa bisa mengantongi 7-9 juta perbulannya. Lumayan menggiurkan bukan jika dibandingkan dengan Upah Minimum Kota (UMK) Bandar Lampung Tahun 2017 yang sebesar Rp 2.054.365?

Tapi perlu digaris bawahi oleh kita bahwa besarnya gaji yang didapatkan oleh masinis/asisten masinis sesuai dengan tanggung jawab dan resiko yang mereka hadapi setiap kali berdinas ria. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjawab keraguan akan para pembaca yang mungkin berminat untuk mendaftar menjadi calon masinis di PT.Kereta Api Indonesia (Persero). Besar harapan penulis agar artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya, siapa tahu rezeki yang membaca artikel ini menjadi salah satu masinis yang handal. Amiin.

2 komentar:

  1. cita citaku dari kecil yg sudah kandas karena mata minus wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang mata minus nya Abang pake kacamata atau tidak?

      Hapus